Proposal Kopi dari Biji Salak By Komang Sapta

DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL.. 1

KATA PENGANTAR.. 2

DAFTAR ISI. 3

BAB I  PENDAHULUAN.. 3

A. Latar Belakang. 3

B. Tujuan Penelitian. 3

C. Rumusan Masalah. 3

D. Manfaat Penelitian. 2

BAB II  TINJAUAN PUSTAKA.. 3

A. Landasan Teori 3

BAB III  METODE PENELITIAN.. 5

A. Alat dan Bahan. 5

B. Waktu Penelitian. 5

C. Prosedur Penelitian. 5

BAB IV  HASIL PENELITIAN.. 7

A.  Cara Pembuatan kopi 7

D. Cara Penyajian Kopi 7

E. Kandungan Gizi 7

F.  Manfaat 8

BAB V  PENUTUP. 9

A. Kesimpulan. 9

B. Saran. 9

DAFTAR PUSTAKA.. 10

LAMPIRAN.. 11




BAB I
 PENDAHULUAN



A. Latar Belakang


Salak (Salacca edulis, Reinw) merupakan buah asli Indonesia yang

cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain digemari di negeri

sendiri, buah salak juga merupakan salah satu komoditas utama hortikultura

Indonesia yang menjadi andalan ekspor ke luar negeri, beberapa negara

yang menjadi tujuan ekspor adalah Cina, Malaysia, dan Singapura.

Sebagai komoditas andalan ekspor, jumlah produksi salak cukup

besar, menurut Rensta Kementan Tahun 2015-2019, produksi salak

mencapai 980.969 ton pada tahun 2014 dengan rerata pertumbuhan 8,68%.

Produksi salak yang besar disebabkan oleh karena buah salak dapat berbuah

sepanjang tahun, sehingga panen dapat dilakukan sepanjang tahun. Hal

tersebut berpengaruh pada tingkat panen dan konsumsi buah salak.

Umumnya, salak dikonsumsi langsung dalam bentuk buah, namun ada juga

beberapa produsen yang mengolah buah salak menjadi manisan, sirup,

dodol, keripik, kurma, dan kopi.


Pengolahan buah salak merupakan salah satu upaya untuk

memperpanjang umur simpan buah salak serta menambah nilai ekonomis

buah salak. Buah salak segar mudah mengalami kerusakan karena faktor


B. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian antara lain :

Mengetahui bahan bahan yang dipakai dalam pembuatan Kopi dari Biji Salak.

Mengetahui bagaimana proses pembuatan kopi dari biji salak

Mengetahui kandungan gizi kopi dari biji salak serta manfaatnya bagi kesehatan kita.



C. Rumusan Masalah

Apa saja bahan – bahan yang di butuhkan dalam proses pembuatan kopi dari biji salak?

Bagaimana proses pembuatan kopi dari biji salak?

Apa sajakah zat – zat yang terkandung pada kopi dari biji salak. ?

D. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian yaitu :

Untuk menyelesaikan tugas pada pelajaran karya tulis ilmiah.

Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran pada masyarakat bahwa biji salak dapat diolah menjadi minuman kopi yang sangat baik bagi kesehatan.

Untuk mengetahui kandungan zat yang ada dalam biji salak.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A. Landasan Teori

a)      Salak dan Jenis – jenisnya     

Salak condet, asalnya dari Jakarta. Ukurannya kecil, sedang, sanmpai besar. Warnanya coklat hingga kehitaman. Buahnya tebal, rasanya manis, agak kelat, hingga agak kesat.


 2. Salak bali, berasal dari Sibetan, Bali. Ukurannya kecil hingga sedang. Warnanya coklat muda cenderung agak cerah, sisiknya jauh lebih halus, daging buahnya tebal, serta manis rasanya, dan teksturnya kering. Adapun bijinya kecil dan tunggal.


3. Salak gading dan salak kembang arum, kedua-duanya asalnya dari Jogja pula. Bisa dibedakan dengan salak pondoh, berdasarkan warna kulit dan dan ukuran buahnya. Salak gading warnanya kuning-gading mengkilap, ukurannya sedang; serta, salak kembang arum coklat warnanya, ukurannya bermacam antara kecil, sedang, hingga besar.


 4.Salak penjalinan, berasal dari Bangkalan, Madura. Kecil, coklat-kekuningan, dan rasanya manis, renyah, dan masir.



b)      Manfaat Buah Salak Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia

Kandungan seratnya baik untuk pencernaan

Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat  terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Contohnya, kandungan tanin yang berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembelit.

2. Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Buah bersisik yang padat nutrisi ini mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Lalu, buah salak juga mengandung zat beta karotene. Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan bahkan kanker.

3. Bisa menjaga berat badan seimbang

Kandungan serat dan antioksidan pada buah salak ternyata juga baik untuk asupan diet. Ya. Kalau Anda bosan makanpisang atau alpukat untuk camilan diet, kenapa tidak mencoba ngemil salak? Serat pada asupan buah salak mampu membuat perut kenyang lebih lama. Terlebih lagi, salak juga kaya akan kandungan kalsium dan karbohidrat. Ini menjadikan salak sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat diet.

4. Menjaga kesehatan jantung

Nah, yang manfaat buah salak yang terakhir ini baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Salak yang terdiri dari kandungan kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.



c)       Manfaat Biji Salak

Berikut adalah manfaat biji Salak :

Mengatasi Asam Urat

1. Mengkonsumsi kopi biji salak menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi asam urat. Kopi biji salak dapat mencegah terjadinya rematik, nyeri otot serta mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian yang disebabkan karena asam urat. Mengkonsumsi kopi biji salak secara rutin, tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyembuhkan asam urat yang diderita.

2. Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi kopi salak dapat dapat membantu memperlancar sistem peredaran dalam tubuh. Kandungan dalam biji salak dapat memberikan suplai oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah yang lancar. Dengan aliran darah yang lancar dan suplai oksigen yang tercukupi, mengkonsumsi kopi bijisalak dapat mengurangi resiko, atau mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat.

artikel terkait: manfaat kopi bagi wanita

3. Meningkatkan Kinerja Otot

Biji salak memiliki kandungan protein yang memiliki manfaat yang baik untuk otot. Mengkonsumsi biji salak yang mengandung protein dalam bentuk kopi, dapat membantu meningkatkan kinerja otot, serta membantu proses yang memiliki kaitan dengan sistem syaraf dengan membantu dalam pembentukan awal sistem syaraf tersebut. Dengan mengkonsumsi kopi biji salak, otot menjadi lebih kuat sehingga tubuh akan lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.


4. Menambah Tenaga

Mengkonsumsi kopi biji salak dapat meningkatkan ketahanan tubuh agar bertenaga, tidak hanya berasal dari protein biji salak yang bermanfaat bagi otot saja, tapi juga didukung dengan adanya kandungan karbohidrat yang ada di dalam biji salak. Karbohidrat yang terkandung dalam biji salak dan dikonsumsi dalam bentuk minuman kopi mampu memenuhi kebutuhan energi harian yang dibutuhkan tubuh untuk menjalai segala aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Dibandingkan mengkonsumsi minuman bertenaga kemasan yang mengandung pengawet dan beberapa kandungan kimia yang tidak baik untuk tubuh, mengkonsumsi kopi biji salak dapat menjadi salah satu referensi untuk menambah tenaga dalam tubuh. Sama sama dalam bentuk minuman, kopi biji salak akan lebih segar karena dengan rasa kopi aroma buah salak yang segar.a

artikel terkait: manfaat kopi untuk diet

5. Meningkatkan Kecerdasan

Selain menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi kopi biji salak dapat membantu menambah konsentrasi seseorang dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan baik formal maupun pembelajaran non formalnya. Selain itu, kopi biji salak juga dapat menambah daya otak untuk memiliki pola pikir yang bervariasi dan juga dapat membantu perkembangan otak yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat terhadap setiap pembelajaran atau aktivitas yang dilakukan. Dengan bertambahnya konsentrasi, daya pola pikir dan daya ingat maka dalam proses penyerapan rangsangan dari luar terhadapat sesuatu akan lebih cepat dan kecerdasan dapat meningkat pula. Otak akan mengirim sinya kepada bagian tubuh lain sehingga menjadi lebih cepat untuk mengingat dan lebih peka dalam menghadapi setiap kondisi yang dialami.

artikel terkait: 12 manfaat kopi luwak bagi kesehatan dan kecantikan

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Terdapat sebuah mitos dimana, mengkonsumsi buah salak akan membuat susah BAB, padahal sebenarnya salak memiliki kandungan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan. Seperti pada buah salak, meskipun tidak memiliki kandungan serat di dalamnya, kopi biji salak mampu memperlancar sistem pencernaan. Seperti kopi biasa, meminum kopi biji salak akan menimbulkan efek yang membuat perut terasa mulas. Tidak semua orang mengalami rasa mulas yang disebabkan mengkonsumsi kopi biji salak, sebagian orang akan memiliki sistem pencernaan yang lancar, sehingga dapat membuang feses lebih normal.






BAB III
METODE PENELITIAN



A. Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kopi yaitu sebagai berikut :

Peralatan :

Tempat Penggorengan

Blender

Pisau

Bahan :

100 - 200 gram Biji Salak Pondoh

B. Waktu Penelitian

Jadwal penelitian                 : Sabtu, 27 Oktober 2018

Penyusunan laporan       : Minggu, 28 Oktober 2018

Pengumpulan laporan    : Selasa, 30 Oktober 2018

C. Prosedur Penelitian

Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini, untuk memperoleh data – data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut :

Studi Kepustakaan

Yaitu penulis membaca buku – buku dan kumpulan mata pelajaran yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk melakukan studi kepustakaan, perpustakaan merupakan suatu tempat yang tepat guna memperoleh bahan-bahan dan informasi yang relevan untuk dikumpulkan, dibaca dan dikaji, dicatat dan dimanfaatkan. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan peneliti mengetahui sumber-sumber informasi tersebut, misalnya kartu katalog, referensi umum dan khusus, buku-buku pedoman, buku petunjuk, laporan-laporan penelitian, tesis, disertasi, jurnal, ensiklopedi, dan bahan-bahan khusus lain. Dengan demikian peneliti akan memperoleh informasi dan sumber  yang tepat dalam waktu yang singkat.Peranan studi kepustakaan sebelum penelitian sangat penting sebab dengan melakukan kegiatan ini hubungan antara masalah, penelitian-penelitian yang relevan dan teori akan menjadi lebih jelas. Selain itu penelitian akan lebih ditunjang, baik oleh teori-teori yang sudah ada maupun oleh bukti nyata, yaitu hasil-hasil penelitian, kesimpulan dan saran.

Studi Internet

Yaitu penulis melakukan browsing melalui situs – situs internet sesuai dengan materi penelitian ini. Peranan dari studi internet sangat banyak, karena dengan kita browsing di internet, maka apapun yang kita butuhkan dapat terpenuhi. Selain itu informasi yang kita dapatkan akan lebih lengkap.

Metode Percobaan

Dalam hal ini penulis melakukan percobaan langsung dalam pembuatan kopi dari biji pepaya.









































BAB IV
HASIL PENELITIAN



Setelah melakukan suatu penelitian yang berulang-ulang akhirnya saya dapat membuat produk  kopi dari biji pepaya. Dalam penelitian itu kami menemukan:

A.  Cara Pembuatan kopi

Pembuatan kopi dari biji Salak dilakukan dengan cara:

1.Pisahkan biji Sqlak dari buahnya

2. Biji salak yang sudah tua di cuci sampai bersih, kemudian dipotong-potong, lalu dikeringkan.

3. Setelah kering biji buah salak tersebut kita sangrai ( digoreng tanpa menggunakan minyak ) sampai benar – benar matang kira-kira sekitar 2 jam, Perhatikan jangan sampai gosong agar rasa kopi tidak pahit.

4. Biji salak yang telah di sangrai tersebut ditumbuk sampai halus.

5. kemudian kita saring, guna memperoleh bubuk biji salak yang lembut berkualitas atau sesuai keinginan kita.

6. Bubuk biji salak tersebut, baru bisa kita buat menjadi kopi buah biji salak yang nikmat dan mantap.

7. Sajikan.





D. Cara Penyajian Kopi

Cara penyajian kopi dari biji salak ini sama dengan kopi lainnya yaitu cukup denga menyeduh bubuk kopi tersebut dengan air panas, juga tidak lupa tambahkan gula secukupnya agar terasa manis dan nikmat.

E. Kandungan Gizi

Bukan hanya rasanya saja yang enak namun buah salak juga mengandung berbagai jenis kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. di dalam buah salak mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalori, zat besi, vitamin A, vitamin C serta air. Kandungan ini sudah cukup baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh

Buah salak mengandung gizi yang cukup lumayan banyak bagi manusia. Yaitu:

368 kk energi

0,8 gr protein

90,3 gr karbohidrat

0,4 gr lemak

38 mg kalsium

31 mg fosfor

3,9 mg zat besi

8,4 gr vitamin C

serat

beberapa gram vitamin B dan mineral



F.  Manfaat

Adapun beberapa manfaat biji salak terhadap kesehatan tubuh diantaranya :

1. Melancarkan peredaran darah

2. Obat asam urat

3. Melancarkan percernaan

4. Menyehatkan otot tubuh

5. Menambah kecerdasan otak

6. Meningkatkan stamina

7. Sumber energi

8. Menyehatkan lambung

9. Baik untuk kesehatan usus

10. Mencegah susah buang air besar.



















BAB V
 PENUTUP

A. Kesimpulan

Biji buah salak ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan meningkatkan daya tarik ekonomi di kalangan masyarakat. Tetapi sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari biji salak tersebut. Padahal jika kita memilki kreativitas yang tinggi dalam mengolahnya tentu bahan tersebut akan berguna bagi kita. Salah satunya adalah “Pemanfaatan Biji Salak sebagai Kopi”. Tidak disangka biji yang cukup besar keras itu dapat dijadikan kopi, dan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.



B. Saran

Bagi para ibu rumah tangga atau penyuka buah salak sebaiknya jangan membuang biji salak karena biji salak ini dapat diolah menjadi minuman kopi yang berkhasiat bagi kesehatan kita.

Bagi para penggemar kopi, tidak ada salahnya untuk menikmati bahkan mengganti kopi dengan kopi biji salak ini. Salain rasanya yang nikmat kopi ini juga tidak mengandung kafein yang berbahaya bagi tubuh.







 

Komentar